Selasa, 24 Mei 2011

RESENSI NOVEL AYAT-AYAT CINTA

RESENSI NOVEL AYAT-AYAT CINTA

Judul Buku : Ayat-Ayat Cinta
Pengarang : Habiburrahman El-Shirazy
Tebal buku : 411 Halaman
Diresensi Oleh : Erna Pranata Putri

Cerita :
Berkisah tentang pemuda bernama Fahri bin Abdillah yang menimba ilmu di Al-Azhar, Mesir. Dimana ia bertemu dengan Aisyah,Maria,Noura, dan Nurul.
Fahri yang menaruh hati pada Aisyah seorang wanita bercadar dan bermata indah, dan Aisyah pun juga mempunyai rasa yang sama terhadap Fahri.
Maria, tetangga fahri di apartemen nya yang beragama Kristen koptik tetapi diam-diam menaruh hati pada fahri. Tak bisa dipungkiri Fahri juga menaruh sedikit rasa kepada Maria.
Noura, tetangga sebelah apartemen Fahri yang selalu disiksa ayah nya sendiri yang membuat Fahri berempati padanya. Hanya berempati saja, tidak lebih. Tetapi Noura mengharap lebih dari itu sampai Noura menuduh fahri telah memperkosanya.
Dan Nurul, wanita manis yang juga menimba ilmu di Mesir bersama Fahri. Sebenarnya Fahri menaruh hati pada Nurul tetapi karena minder Fahri enggan melamar wanita ini. Padahal Nurul juga menaruh hati pada Fahri. Lalu siapakah yang akan menjadi pilihan hati Fahri?
Kelebihan :
1. Penulis mampu mengajak pembaca mendalami Islam dengan menggunakan bahasa yang indah.
2. Alur cerita yang ringan dan mudah dipahami pembaca.
3. Kisah cinta yang apik digambarkan secara menarik dan tidak terkesan vulgar
Kekurangan :
1. Sang tokoh utama Fahri,yang hanya laki-laki biasa dan anak seorang petani digilai oleh empat orang wanita sekaligus. Dalam kehidupan nyata hal ini mustahil terjadi. Kesannya Fahri digambarkan sebagai laki-laki yang hampir sempurna.
2. Maria yang jatuh sakit berminggu-minggu karena ditolak cintanya oleh Fahri. Dalam kehidupan nyata hal ini terlalu berlebihan. Kalaupun sakit, tidak akan sampai berminggu minggu.
Kebermanfaatan :
1. Sebagai media dakwah Islam bagi semua orang yang ingin mempelajari Islam lebih jauh.
2. Memberikan contoh pernikahan yang baik dalam Islam.
3. Memberitahukan bahwa Islam tidak menganjurkan pacaran melainkan ta’aruf.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar